ANALISA KEMACETAN LALU LINTAS DIRUAS JALAN BOROBUDUR KOTA MALANG TERHADAP KUALITAS UDARA DAN TINGKAT KEBISINGAN

Prasetya Negara, Okvian Bima (2025) ANALISA KEMACETAN LALU LINTAS DIRUAS JALAN BOROBUDUR KOTA MALANG TERHADAP KUALITAS UDARA DAN TINGKAT KEBISINGAN. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2021085_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
2021085_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (474kB)
[img] Text
2021085_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
2021085_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text
2021085_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
2021085_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
2021085_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (191kB)
[img] Text
2021085_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ruas Jalan Borobudur di Kota Malang merupakan penghubung vital Malang Batu–Surabaya dengan aktivitas perkotaan yang padat, hambatan samping tinggi, dan fluktuasi arus harian yang memicu penurunan kinerja lalu lintas. Kondisi tersebut diduga meningkatkan konsentrasi polutan udara dari kendaraan bermotor serta kebisingan yang berdampak pada kenyamanan dan kesehatan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan menilai pengaruh volume dan kecepatan terhadap tingkat kemacetan pada ruas studi, mengevaluasi keterkaitan kemacetan dengan kualitas udara (CO, NO₂), mengkaji hubungan kemacetan dengan tingkat kebisingan, serta merumuskan rekomendasi teknis pengelolaan lalu lintas dan lingkungan di koridor tersebut. Studi dilakukan pada ruas ±1,3 km di Jalan Borobudur. Data primer meliputi volume lalu lintas terklasifikasi (MC, LV, MHV), kecepatan tempuh, hambatan samping, konsentrasi CO dan NO₂ menggunakan air quality detector portabel, serta tingkat kebisingan menggunakan sound level meter. Data sekunder mencakup karakteristik geometrik jalan dan parameter pembobotan yang relevan. Analisis kinerja dilakukan mengacu pada PKJI 2023: perhitungan kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), dan tingkat pelayanan (LOS); pemodelan hubungan kecepatan kepadatan–volume (pendekatan Greenshields) untuk mengidentifikasi kondisi mendekati kapasitas. Kualitas udara dikonversi ke satuan µg/m³ dan dibandingkan terhadap rentang kategori ISPU untuk interpretasi tingkat risiko tanpa menyertakan sitasi. Analisis kebisingan dilakukan terhadap rentang dB(A) per jam pengamatan dan dibandingkan dengan baku mutu relevan untuk area perkotaan. Hubungan antarvariabel dievaluasi melalui korelasi/regresi sederhana guna mengungkap arah dan kekuatan pengaruh kemacetan terhadap polusi udara dan kebisingan. Pada jam puncak sore Senin (30/12/2024, 16.00–17.00), volume puncak mencapai 1.659,15 SMP/jam dengan kapasitas segmen 2.588,76 SMP/jam, menghasilkan derajat kejenuhan DS = 0,64 (< 0,85). Observasi kecepatan-kepadatan menunjukkan Uf ≈ 41,46 km/jam dan Dj ≈ 146,68 SMP/km dari regresi Greenshields. Kebisingan rata-rata energi (Leq) pada 17.00–18.00 tercatat 77,86 dB. Kualitas udara ambien menunjukkan rerata 6 jam CO 12,8 µg/m³, NO₂ 5,6 µg/m³, dan SO₂ tidak terdeteksi. Konversi ke ISPU menunjukkan NO₂ = 31 (Baik) dan CO juga dalam kategori Baik. Meskipun kinerja operasional mendekati kondisi padat, kualitas udara masih memenuhi kategori Baik, tetapi kebisingan lalu lintas melebihi ambang kenyamanan. Rekomendasi teknis meliputi pengendalian hambatan samping, optimasi manajemen arus pada 16.00–18.00, dan penyediaan elemen peredam kebisingan di segmen dengan paparan tertinggi. Kata Kunci : Jalan Borobudur, kinerja lalu lintas, ISPU, Kebisingan lalu lintas, PKJI 2023

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Okvian Bima Prasetya Negara (2021085)
Uncontrolled Keywords: Jalan Borobudur, kinerja lalu lintas, ISPU, Kebisingan lalu lintas, PKJI 2023
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: OKVIAN BIMA PRASETYA NEGARA
Date Deposited: 10 Sep 2025 04:09
Last Modified: 10 Sep 2025 04:09
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15012

Actions (login required)

View Item View Item