Dewi, NisfiAnisa (2025) EVALUASI kINERJA SIMPANG BUNDARAN MONUMEN PESAWAT TERBANG JL. SOEKARNO-HATTA MENGGUNAKAN METODE PKJI 2023 DAN SOFTWARE VISSIM. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Jalan raya berperan penting dalam mendukung mobilitas masyarakat dan distribusi barang. Di Kota Malang, sebagai kota wisata dan pendidikan, pertumbuhan jumlah penduduk dan mahasiswa memicu peningkatan volume lalu lintas, terutama pada jam sibuk dan akhir pekan. Kondisi ini menyebabkan kemacetan dan tundaan akibat pengelolaan jaringan jalan yang kurang optimal. Oleh karena itu, penataan jaringan jalan yang baik diperlukan untuk meningkatkan kinerja lalu lintas dan mendukung kelancaran mobilitas kota tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang tak bersinyal dan bundaran pada jam puncak tertinggi menggunakan metode PKJI 2023 dan simulasi Software VISSIM. Hasil analisis menunjukkan bahwa tundaan rata-rata simpang tak bersinyal sebesar 10,528 det/SMP dengan tingkat pelayanan B, derajat kejenuhan (DJ) 0,53, dan peluang antrian tertinggi 12,31–27,04%. Pada bundaran, tundaan rata-rata tercatat 14,96 det/SMP dengan tingkat pelayanan B, DJ 0,90, dan peluang antrian tertinggi 26,88–58,12%. Kondisi bundaran tanpa pembatas dengan nilai tundaan rata-rata sebesar 15,51 det/SMP (tingkat pelayanan C). Sementara itu, simulasi VISSIM menghasilkan tundaan lebih tinggi, yaitu 90,95 det/SMP untuk bundaran eksisting (tingkat pelayanan F), 30,78 det/SMP untuk simpang tak bersinyal (tingkat pelayanan D), dan 104,95 det/SMP untuk bundaran tanpa pembatas (tingkat pelayanan F). Berdasarkan hasil tersebut, simpang tak bersinyal menunjukkan kinerja baik dan tidak memerlukan perubahan. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi pelebaran jalan pada peneliti selanjutnya Simpang Bundaran Monumen Pesawat Terbang Jl. Soekarno Hatta bisa dijadikan analisa simpang APILL. Selain itu, pada Jl. Puncak Borobudur disarankan pengurangan hambatan lalu lintas dengan melarang aktivitas berjualan dan parkir di depan sekolah. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan dilakukan kajian arus lalu lintas dengan mempertimbangkan proyeksi lima tahun ke depan guna memperoleh gambaran kinerja simpang yang lebih komprehensif dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Nisfi Anisa Dewi (2121089) |
Uncontrolled Keywords: | PKJI, Evaluasi Kinerja Simpang, Evaluasi Kinerja Bundaran, Software Vissim |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Nisfi Anisa Dewi |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:01 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:01 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |