saiful udin, acmad (2025) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) DALAM PERANCANGAN GAME ADVENTURE RPG BERBASIS LEGENDA RORO JONGGRANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, minat generasi muda terhadap warisan budaya seperti cerita rakyat cenderung menurun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game "Roro Jonggrang: Kutukan Seribu Candi" sebagai media interaktif untuk memperkenalkan kembali budaya Indonesia. Game ini dikembangkan menggunakan Unity Engine dan Blender, dengan fokus pada penerapan metode Finite State Machine (FSM) untuk mengelola perilaku musuh. Pengujian dilakukan melalui tiga tahap: pengguna, perangkat, dan metode. Hasil pengujian pengguna menunjukkan respons yang sangat positif, di mana 86.4% dari total tanggapan masuk dalam kategori positif ('Sangat Setuju' dan 'Setuju'). Hasil pengujian perangkat menunjukkan bahwa game berjalan lancar dengan FPS di atas 70 pada perangkat spesifikasi tinggi, namun mengalami lag dengan FPS di bawah 25 pada perangkat spesifikasi rendah. Pengujian metode FSM menunjukkan fungsionalitas yang baik, di mana 6 dari 7 transisi status berhasil tanpa kendala. Kesimpulannya, game ini berhasil diimplementasikan dan diterima dengan baik, namun memerlukan optimasi lebih lanjut agar dapat berjalan optimal di perangkat dengan spesifikasi lebih rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | acmad saiful udin (2118121) |
Uncontrolled Keywords: | Game Adventure RPG, Finite State Machine, Roro Jonggrang |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Acmad Saiful Udin |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 06:38 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 06:38 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |