Fakhruz Zaman, Reza (2024) Pengembangan Bisnis UMKM Kerupuk Ikan Dua Putri Dengan Pendekatan Business Model Canvas dan Blue Ocean Strategy. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Pokok permasalahan yang dialami oleh UMKM Kerupuk Ikan Dua Putri yaitu persaingan dengan produsen kerupuk ikan di Kecamatan Tambakboyo, yang mengakibatkan penurunan penjualan kerupuk ikan saat ini. Penting untuk UMKM Kerupuk Ikan Dua Putri mengetahui deskripsi model bisnis yang sedang dijalani serta menentukan strategi untuk bersaing dengan produsen kerupuk ikan di Kecamatan Tambakboyo dan meningkatkan penjualannya. Persaingan antara produsen kerupuk ikan di Kecamatan Tambakboyo bersaing sangat sengit, dengan strategi yang hampir serupa dan target pasar yang sama, membuat UMKM Kerupuk Ikan di wilayah tersebut terjebak dalam situasi Red Ocean. Oleh karena itu, UMKM Kerupuk Ikan Dua Putri perlu mengembangkan strategi baru agar terjadi gerakan menjauh menuju ke zona Blue Ocean. Dalam zona Blue Ocean, perusahaan berfokus pada inovasi dan penciptaan permintaan baru untuk produk atau layanan unik, sehingga menciptakan ruang pasar yang belum dieksplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang keadaan bisnis saat ini dari UMKM Kerupuk Ikan Dua Putri menggunakan pendekatan Business Model Canvas dan model bisnis tersebut akan dipadukan dengan analisis kerangka kerja empat langkah Blue Ocean Strategy yaitu kurangi, tingkatkan, ciptakan, dan hapuskan untuk menciptakan inovasi nilai. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model bisnis yang sedang dijalani ke sembilan elemen Business Model Canvas selain itu, dengan menggunakan kerangka kerja empat langkah Blue Ocean Strategy, UMKM Kerupuk Ikan Dua Putri membentuk variasi rasa yang beragam, kemasan yang menarik, kemitraan dengan toko kelontong dan warung, kerjasama dengan influencer, promosi melalui media sosial secara rutin, pemberian bonus kerupuk ikan 1 pcs setiap pembelian minimal 30 pcs. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai alat evaluasi bisnis dengan penerapan Business Model Canvas serta mengidentifikasi peluang strategis melalui pendekatan Blue Ocean Strategy yang relevan dengan dinamika industri kerupuk ikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Reza Fakhruz Zaman (2013044) |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bisnis, Business Model Canvas, Blue Ocean Strategy |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi) |
Depositing User: | REZA FAKHRUZ ZAMAN |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 06:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 06:54 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15194 |
Actions (login required)
View Item |