PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN REKOMENDASI PAKET PRODUK (STUDI KASUS : TOKO SURYA ELEKTRIK TUREN)

Hibnastiar, Nur Aria (2025) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN REKOMENDASI PAKET PRODUK (STUDI KASUS : TOKO SURYA ELEKTRIK TUREN). Skripsi thesis, ITN MALANG.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (654kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (513kB)

Abstract

Toko Surya Elektrik Turen di Kabupaten Malang mengalami kesulitan untuk menentukan paket produk yang biasa dibeli oleh konsumen. Untuk menyelesaikan masalah ini, penelitian ini menggunakan Apriori untuk mengidentifikasi pola hubungan antara produk dan data transaksi. Algoritma ini terbukti efektif dalam menemukan produk yang banyak dibeli bersama, tetapi tidak dapat diaplikasikan secara langsung untuk merekomendasikan paket produk karena terdapat produk yang direkomendasikan berulang kali. Oleh karena itu, untuk menghasilkan rekomendasi yang lebih relevan, penelitian ini menambahkan parameter kategori untuk membatasi pola hubungan yang sama atau berulang. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan nilai parameter minimum support dan minimum confidence berpengaruh signifikan terhadap aturan asosiasi yang terbentuk. Terdapat penurunan jumlah rekomendasi sebesar 80% dari pengujian minimum support 0.05 dan minimum confidence 0.6 dengan minimum support 0.1 dan minimum confidence 0.8. tetapi mengalami peningkatan nilai rata rata support sebesar 35% dan peningkatan rata rata nilai confidence sebesar 32%. Jumlah rekomendasi yang dibuat berkurang, tetapi kualitas asosiasi yang terbentuk meningkat. Selain itu penambahan parameter kategori pada algoritma Apriori mempengaruhi jumlah rekomendasi yang dihasilkan. Dimana kombinasi 4-itemset dengan kategori Lampu, Kabel, Fitting dan Stop Kontak menghasilkan 1 rekomendasi yang cocok dengan rata rata support sebesar 0.056 dan rata rata confidence 0.529.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NUR ARIA HIBNASTIAR (2118078)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Apriori, Confidence, Data Mining, Produk, Rekomendasi, Toko Elektrik
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Nur Aria Hibnastiar
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:25
Last Modified: 14 Feb 2025 03:25
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15461

Available Versions of this Item

  • PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN REKOMENDASI PAKET PRODUK (STUDI KASUS : TOKO SURYA ELEKTRIK TUREN). (deposited 14 Feb 2025 03:25) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item