STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN BANGUNAN ATAS JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE PELENGKUNG THROUGH ARCH DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFD TOTAL BENTANG 110 METER DI NUNUKAN KALIMANTAN UTARA

Ximenes, Rufino Da Silva (2016) STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN BANGUNAN ATAS JEMBATAN RANGKA BAJA TIPE PELENGKUNG THROUGH ARCH DENGAN MENGGUNAKAN METODE LRFD TOTAL BENTANG 110 METER DI NUNUKAN KALIMANTAN UTARA. Skripsi thesis, ITN malang.

[img] Text
skripsi rufino.pdf

Download (24MB)

Abstract

Jembatan jalan raya secara umum adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, kali, jalan kereta api, jalan raya yan g melintang tidak seimbang. Pada daerah Kalimantan pembuatan jembatan rangka baja lebih bagus sebagai pendekat dari pada jembatan beton. Karena susahnya material seperti batu, pasir, dan material yang lainnya untuk membuat jembatan beton, maka dari itu memilih jembatan rangka karena mudah dalam pelaksanaan dan material nya. Jembatan rangka terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama balok – balok melintang dan pengaku – pengakunya. Berat jembatan rangka relativ ringan dan mudah dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian (struyk dan van deer, jembatan, 1995 : 12). Salah satunya adalah jembatan pelengkung tipe Through arch . Adapun tujuan dari Skripsi ini adalah untuk merencanakan struktur bangunan atas Jembatan Rangka Baja Tipe Through Arch dengan menggunakan profil baja WF. Dalam hal ini perencanaan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) RSNI T 02-2005 untuk peraturan pembebanannya. Hasil yang diperoleh dari perencanaan ulang, pada perencanaan plat lantai kendaraan mneggunakan tebal plat beton 250 mm, dipakai tulangan pokok D13-250 mm, dan dipakai tulangan bagi D 13 – 250 mm. Pada perencanaan gelagar memanjang dipakai profil WF 350 X 150 X 8 X 13. Pada perencanaan gelagar melintang dipakai profil WF 350 X 175 X 7 X 11. Pada perencanaan gelagar melintang atas dipakai profil WF 150 X 150 X 7 X 10. Pada perencanaan gelagar melintang bawah dipakai profil WF 250 X 250 X 9 X 14. Pada perencanaan gelagar induk dipakai profil WF 458 X 417 X 30 X 50. Pada perencanaan ikatan angina dipakai profil LD 120.120.12. Pada sambungan menggunakan menggunakan tebal plat simpul 4 cm dan diameter 1 1/8”. Pada perhitungan perletakan didapatkan panjang (l) 150 cm dan lebar (b) 70 cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Jembatan Rangka Baja,Jembatan Rangka Tipe Trough Petit Truss, Struktur Bangunan Atas.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:33
Last Modified: 20 Feb 2019 02:33
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item