Studi Evaluasi Parkir Tepi Jalan (On Street Parking) terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas Pada Jalan Pasar Besar Malang

Syafii, Vertika Wulandari (2015) Studi Evaluasi Parkir Tepi Jalan (On Street Parking) terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas Pada Jalan Pasar Besar Malang. Skripsi thesis, ITN malang.

[img] Text
skripsi vertika.pdf

Download (5MB)

Abstract

Parkir tepi jalan tentunya dapat menimbulkan dampak negatif. Terutama parkir tepi jalan yang ada pada kawasan perdagangan. Pada jalan Pasar Besar Malang, pada jam – jam tertentu kita temukan kemacetan yang diakibatkan oleh kegiatan parkir. Hal tersebut tentunya tidak akan terjadi apabila kapasitas parkir yang memadai. Untuk mengetahui kapasitas dan karakteristik parkir serta kapasitas jalan pada Jalan Pasar Besar ini, maka dilakukan survey pada tanggal 24 Maret, 26 Maret, 29 Maret dan 16 Mei 2015. Survey yang dilakukan pada tanggal 24 maret, 26 maret dan 29 maret, survey dilakukan dalam 2 section waktu yaitu mulai pukul 10.00 – 14.00 wib kemudian dilanjut pukul 16.00 – 20.00 wib. Sedangkan untuk tanggal 16 Mei dilakukan dalam 1 section saja tanpa jeda, dari pukul 10.00 – 20.00 wib. Metode survey yang digunakan yaitu survey patroli parkir, survey volume arus lalu lintas, dan survey tundaan. Untuk survey volume arus lalu lintas dan tundaan menggunakan metode rekaman. Dari survey tersebut dapat disimpulkan bahwa kapasitas parkir untuk kendaraan roda 2 masih memenuhi, sedangkan untuk kendaraan roda 4 pada hari selasa siang, kamis siang, kamis sore dan minggu melebihi kapasitasnya. Kapasitas parkir untuk kendaraan roda 4 yaitu sebesar 25 petak parkir dan untuk kendaraan roda 2 yaitu 354 petak parkir. Adanya parkir tepi jalan ini juga mempengaruhi kapasitas jalan, kapasitas jalan tanpa parkir 3881,22 smp/jam. Sedangkan setelah adanya parkir tepi jalan kapasitas jalan sebesar 2278,11 smp yaitu 51,1% dari kapasitas tanpa parkir. Untuk derajat kejenuhan yang terjadi akibat adanya parkir ini masih dibawah standar MKJI 1997, karena batas standar dari MKJI terkait derajat kejenuhan untuk jalan perkotaan yaitu 0,75. Derajat kejenuhan tertinggi yaitu pada hari Sabtu yaitu sebesar 0,72. Adanya parkir tepi jalan ini juga mempengaruhi waktu tempuh kendaraan yang melewati jalan Pasar Besar Malang tersebut. waktu tempuh dengan kecepatan normal 30 km/jam yaitu 60 detik. Dengan adanya aktifitas parkir tersebut waktu tempuh rata – rata menjadi 80 detik. Itu artinya kendaraan tersebut mengalami tundaan rata – rata 20 detik/kendaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Parkir tepi jalan, kapasitas jalan yang digunakan parkir
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Susanti Nilasari
Date Deposited: 21 Feb 2019 04:43
Last Modified: 21 Feb 2019 04:43
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2269

Actions (login required)

View Item View Item