ANALISA PENGARUH PEMAKANAN (CUTTING) TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN SILINDER BLOK SEPEDA MOTOR TIPE “X” MENGGUNAKAN MESIN CNC MILLING (FRAIS) TIPE GSK 3A DENGAN PENDINGINAN COOLANT.

Raharjo, Safytra (2020) ANALISA PENGARUH PEMAKANAN (CUTTING) TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN SILINDER BLOK SEPEDA MOTOR TIPE “X” MENGGUNAKAN MESIN CNC MILLING (FRAIS) TIPE GSK 3A DENGAN PENDINGINAN COOLANT. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN I.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LAMPIRAN II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
LAMPIRAN III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (517kB)

Abstract

Setiap poses permesinan berpengaruh terhadap nilai kekasaran pada permukaan benda kerja hasil pemakanan. Kekasaran permukaan pada hakekatnya merupakan ketidak teraturan konfigurasi permukaan yang bisa berupa guratan atau kawah kecil pada permukaan. Guratan atau kawah kecil tersebut akan menjadi takikan (notch) yang merupakan tempat konsentrasi tegangan, sehingga apabila menerima beban tinggi akan berakibat keretakan. Selain itu proses peningkatan perkaratan selalu dimulai dari titik inti karat. Pada permukaan kasar lebih besar timbulnya inti karat dari pada permukaan yang lebih halus. Dan nilai kekasaran permukaan pada silinder block motor itu sangat penting dikarnakan pada permukaan bagian atas itu berhubungan dengan kompresi mesin motor bakar. apabila permukaan silinder itu memiliki nilai kekasaran yang diluar batas standartnya maka akan terjadi kebocoran kompresi pada sistem pembakaran yang ada didalam ruang bakar dikarnakan kepala silinder/silnder head itu menempel diatas permukaan silinder block motor yang hanya disekat oleh packing dan hanya diikat oleh 4 Baut. supaya 2 komponen silinder head dan silinder block tidak lepas. Maka dari itu dari permukaan silinder block motor harus memiliki nilai kekasaran yang tidak boleh melebihi batas dari nilai kekasaran yang sudah diizinkan dari standart yang sudah ditentukan. dikarnakan apabila melebihi batas tersebut akan terjadi kebocoran kompresi, dan terjadi kebocoran tenaga atau usaha motor pada saat pembakaran didalam ruang bakar. Dan apabila mengalami kebocoran kompresi dan kehilangan usaha pembakaran maka akan berpengaruh terhadap performa suatu kerja mesin motor bakar tersebut.Dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) variasi kecepatan spindel yang berbeda diantarnya kecepatan spindel 800 RPM, 1100 RPM dan 1400 RPM dengan menggunakan metode penelitian eksperimental. Dari perbdeaan kecepatan putaran spindel ini akan diperoleh nilai kekerasan dan kekasaran yang berbeda dan dapat disimpulkan berada pada kecepatan berapa nilai kekerasan dan kekasaran yang paling baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:28
Last Modified: 28 Feb 2020 03:55
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4744

Actions (login required)

View Item View Item