Siswandi, Budiono (2024) ANALISIS LENDUTAN PADA JEMBATAN SOEKARNO HATTA MENGGUNAKAN METODE LEVELLING. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.
Abstract
Penggunaan sistem referensi geospasial saat ini sering kali mengandalkan pendekatan melalui survei Global Navigation Satellite System (GNSS), utamanya dalam konteks aplikasi yang memerlukan informasi posisi. GNSS memiliki mempunyai banyak keunggulan serta manfaat dibandingkan dengan sistem maupun metode penentuan posisi lainnya, baik dari segi operasional ataupun kualitas posisi yang disajikan. Jembatan Soekarno Hatta yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta, Kec. Lowokwaru, Kota Malang merupakan akses utama penghubung daerah Blimbing dan Dinoyo karena berada di pusat kota, jembatan ini tidak pernah sepi kendaraan yang menyebabkan peningkatan mobilitas pada jembatan, maka perlu dilakukan monitoring untuk mengetahui kelayakan jembatan. Pengukuran waterpass bertujuan untuk menentukan beda tinggi antara titik, dalam penelitian ini menggunakan metode Levelling untuk menganalisis lendutan pada Jembatan Soekarno Hatta. Hasil penelitian didapatkan nilai lendutan sebesar 0,02 mm pada kondisi sedang dan 0,026 mm pada kondisi ramai. Analisis pengukuran menunjukkan lendutan diakibatkan oleh beban lalu lintas pada kondisi sedang dan ramai, perubahan tersebut disebabkan oleh beban yang melewati titik pada jembatan dan menyebabkan terjadinya Defleksi atau Lendutan. Kata kunci: Levelling, Lendutan, Jembatan Soekarno Hatta, Monitoring.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Siswandi Budiono (1725033) |
Uncontrolled Keywords: | Levelling, Lendutan, Jembatan, Soekarno Hatta, Monitoring |
Subjects: | Library Of Science |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi) |
Depositing User: | siswandi budiono |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 05:20 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 05:20 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15065 |
Actions (login required)
View Item |