ANALISIS STRATEGI PENJUALAN KOPI ROAST BEAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX 7P (STUDI KASUS UKM KOPITALIZM)

Ngindia, Rima (2022) ANALISIS STRATEGI PENJUALAN KOPI ROAST BEAN MENGGUNAKAN METODE MARKETING MIX 7P (STUDI KASUS UKM KOPITALIZM). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1713036_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1713036_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1713036_BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1713036_BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1713036_BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1713036_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1713036_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1713036_LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rima Ngindia , Program Studi Teknik Industri S-1 , Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang , Januari 2021 , Analisis Strategi Penjualan Kopi Roast Bean Menggunakan Metode Marketing Mix 7p (Studi Kasus UKM Kopitalizm). Dosen Pembimbing : Prima Vitasari dan Kiswandono Kopi Roasted Bean adalah produk yang dihasilkan oleh UKM Kopitalizm dimana kopi Roasted Bean merupakan bahan baku minuman yang berbasis kopi. UKM memiliki masalah penurunan dalam Penjualan kopi Roast Bean. Dimana target penjualan dari bulan Januari sampai September 2020 belum ada yang tercapai, yaitu dengan target penjualan setiap bulannya sebesar 1000 Kilogram atau 1 Ton dan yang tercapai rata-rata hanya 327 Kilogram per bulannya. Dalam hal ini UKM Kopitalizm harus memperbaiki proses pemasaran menggunakan Marketing Mix 7P untuk dapat meningkatkan penjualan mencapai target yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode Marketing Mix 7p. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap konsumen setia dan pemilik beserta karyawan UKM Kopitalizm. Pertanyaan wawancara meliputi 7 Variabel Marketing Mix yaitu price, product, place, promotion, people, process, Physical evidence. Dari hasil wawancara akan diketahui variabel apa yang memiliki banyak keluhan dan masalah. Kemudian variabel yang memiliki masalah akan diolah menggunakan diagram Fishbone dan dilanjutkan dengan diagram Pareto. Berdasarkan hasil penelitian, variabel yang memiliki banyak masalah adalah variabel promosi. Berdasarkan pengolahan menggunakan diagram fishbone maka diketahui bahwa ada 8 akar masalah yaitu : Pengenalan roastery hanya terbatas dari teman ke teman dan komunitas, UKM tidak pernah memberikan potongan harga, sistem pemasaran tidak termanajemen dengan baik, kurang mengerti cara mengelola medsos, UKM belum memahami digital marketing, belum ada sistem delivery order, UKM belum fokus pada penjualan online, karyawan kurang memahami konsep market mix 4p. Kemudian dari hasil pengolahan data dengan diagram pareto dapat diketahui skala prioritas masalah yang harus segera diselesaikan adalah jarang memberikan potongan harga. Hal ini menjadi masalah yang paling dominan dari masalah-masalah lain. Sehingga UKM harus segera memperbaiki sistem promosi dengan salah satunya memberikan potongan harga secara berkala. Kata Kunci : Marketing Mix, Fishbone Diagram, Pareto Diagram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rima Ngindia (1713036)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Fishbone Diagram, Pareto Diagram
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: Users 461 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:19
Last Modified: 08 Sep 2022 04:05
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/8665

Actions (login required)

View Item View Item