ANALISIS PENGARUH SERBUK BAN SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM CAMPURAN ASPAL PORUS TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL

Patimara, Grivandi Umbu Mandja (2025) ANALISIS PENGARUH SERBUK BAN SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM CAMPURAN ASPAL PORUS TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
2121095_BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2121095_BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
2121095_BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
2121095_BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
2121095_BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2121095_BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text
2121095_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
2121095_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah genangan air di permukaan jalan kerap menjadi isu penting yang berdampak pada keselamatan pengguna jalan dan kerusakan struktur perkerasan. Aspal porus (Open Graded Friction Course/OGFC) merupakan solusi potensial karena mampu mengalirkan air melalui pori-porinya. Namun, kelemahan dari aspal porus terletak pada daya tahan terhadap beban lalu lintas dan suhu ekstrem. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh penambahan serbuk ban sebagai bahan tambahan dalam campuran aspal porus terhadap karakteristik Marshall dan permeabilitasnya. Penelitian menggunakan variasi kadar serbuk ban sebesar 0%, 1%, 3%, 6%, dan 9% dari agregat halus. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai stabilitas tertinggi dicapai pada kadar serbuk ban 3% sebesar 835,75 kg, namun nilai optimum secara keseluruhan diperoleh pada kadar 5%, berdasarkan rata-rata parameter karakteristik Marshall, yaitu stabilitas, flow, dan Marshall Quotient. Pada kadar 5%, nilai stabilitas memenuhi standar minimum >500 kg, nilai flow masih dalam batas 2– 6 mm, serta MQ menunjukkan ketahanan campuran terhadap deformasi. Nilai permeabilitas pada kadar optimum 5% adalah 0,1105 cm/detik, yang masih sesuai dengan spesifikasi Australian Asphalt Pavement Association (AAPA, 2004). Dengan demikian, penambahan serbuk ban sebesar 5% dalam campuran aspal porus terbukti mampu meningkatkan kinerja struktural tanpa mengganggu fungsi drainase. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kadar serbuk ban yang terlalu tinggi, seperti 9%, dapat menurunkan porositas dan efektivitas drainase campuran. Temuan ini mendukung pemanfaatan limbah ban bekas sebagai bahan tambahan ramah lingkungan dalam infrastruktur perkerasan jalan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Grivandi Umbu Mandja Patimara (2121095)
Uncontrolled Keywords: Aspal Porus, Serbuk Ban, Karakteristik Marshall, Permeabilitas, AAPA
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Grivandi Umbu Mandja Patimara
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:22
Last Modified: 24 Nov 2025 03:22
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15018

Actions (login required)

View Item View Item