Rizkyandy, Baruna (2023) EVALUASI KERUSAKAN JALAN SERTA RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMELIHARAAN PADA RUAS JALAN NASIONAL BAJULMATI (BTS. KAB. SITUBONDO) - KETAPANG. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Text
1921909_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
1921909_BAB I.pdf Download (6MB) |
|
Text
1921909_BAB II.pdf Download (6MB) |
|
Text
1921909_BAB III.pdf Download (6MB) |
|
Text
1921909_BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text
1921909_BAB V.pdf Download (6MB) |
|
Text
1921909_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
|
Text
1921909_LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
|
Text
1921909_JURNAL.pdf Download (655kB) |
Abstract
Banyuwangi adalah Kabupaten yang berada di ujung paling timur Provinsi Jawa Timur. Banyuwangi memiliki potensi perkembangan wilayah yang pesat. Oleh karena itu dibutuhkannya akses jalan yang baik, agar mobilitas keluar masuk Banyuwangi tidak terhambat dan tidak menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan tersebut. Pada kenyataannya banyak terdapat kerusakan di beberapa ruas jalan, salah satu penyebab kerusakan disebabkan terlalu lamanya aspal tergenang air saat musim hujan. Menurut SK Jalan Nasional No 367 / KPTS / M/ 2023, Ruas jalan Bajulmati (Bts. Kab Situbondo) - Ketapang tergolong dalam kelas jalan nasional bukan jalan tol. Nomer ruas 026 dengan panjang ruas 26,47 km dan lebar jalan 7 meter, tipe lajur 2/2 UD. Jalan ini membentang antara perbatasan Situbondo – Ketapang (Banyuwangi). Evaluasi kerusakan jalan menggunakan metode SDI (Surface Distress Index) dan IKP (Indeks Kondisi Perkerasan). Survei kondisi jalan dilakukan dengan cara pengamatan jenis kerusakan dan pencatatan luas kerusakan jalan pada STA 22+00 – 26+000. Berdasarkan hasil Analisa metode SDI didapatkan nilai kerusakan jalan sebesar 48, termasuk dalam kondisi baik sedangkan IKP (Indeks Kondisi Perkerasan) sebesar 69, termasuk dalam kondisi sedang. Berdasarkan metode IKP semua STA membutuhkan Overlay. Berdasarkan perhitungan, tebal overlay yang dibutuhkan sebesar 4 cm. Rencana Anggaran Biaya Pemeliharaan ruas jalan Bajulmati (Bts. Kab. Situbondo) – Ketapang dengan metode IKP didapatkan rencana anggaran biaya sebesar Rp. 5,773,351,000.00 untuk jenis penanganan kerusakan tambalan lubang, pengisian celah retak, dan overlay. Sedangkan untuk metode SDI didapatkan rencana anggaran biaya sebesar Rp. 2,467,444,000.00 untuk jenis penanganan kerusakan tambalan lubang dan pengisian celah retak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Baruna Aulya Rizkyandy (1921909) |
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan jalan, Metode IKP, Metode SDI, RAB, Overlay |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | BARUNA AULYA RIZKYANDY |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 03:09 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 03:09 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13280 |
Actions (login required)
View Item |